Garuda Kuningan

Hai juragan balik lagi bersama admin setelah kemarin kita membahas garuda tembaga kali ini admin akan membahas yang menjadi pelengkap dari garuda tembaga yaitu Garuda Kuningan. sebelum membahas garuda kuningan secara teknis dan jauh, admin akan membahas sedikit sejarah dari garuda pancasila yang sekarang menjadi logo iconic dikalangan pemerintahan atau rumahan.

Lambang garuda Pancasila ini memiliki sejarah yang sangat Panjang sebelum resmi ditetapkan sebagai lambang negara Indonesia. Bahkan di dalam UUD 1945 pasal 3 ayat A, juga sudah dijelaskan mengenai lambang negara Indonesia yaitu Garuda Pancasila dengan memiliki semboyan “Bhinneka Tunggal Ika.” Anda dapat mengilustrasikannya ketika melihat garuda tembaga kuningan. Untuk desain awal lambang garuda Pancasila ini pertama kali dicetuskan oleh Sultan Hamid II. Tetapi, mengapa burung garuda tersebut dapat dijadikan lambang negara Indonesia?

garuda kuningan 3d
garuda kuningan 3d

Sejarah Kuno Mengenai Burung Garuda

Hal ini berdasarkan catatan yang berada pada Museum Nasional Indonesia yang menuliskan bahwa negara Indonesia ini banyak terinspirasi dari arca Garuda Wisnu. Konon Garuda ini digunakan sebagai kendaraan atau wahana dewa Wisnu dalam agama Hindu. Garuda sendiri digambarkan dengan tubuh emas, bersayap merah dan berwajah putih. Bahkan paruh dan sayap garuda digambarkan mirip elang dan memiliki tubuh seperti manusia. Garuda ini memiliki ukuran besar hingga dapat menghalangi matahari.

Dalam mitologi Hindu, garuda ini mempunyai kisah dimana ia berhasil menolong dan membebaskan ibunya dari cengkeraman perbudakan. Simbol garuda ini cukup popular karena dapat ditemukan pada arca dan relief candi Hindu seperti candi Mendut, Sojiwan, Prambanan, Sukuh, Cetho dan lainnya. anda dapat melihat ilustrasi garuda 3D kuningan untuk melihat lambang garuda Indonesia dengan jelas.

Menjadi Lambang Negara Di Indonesia

Pada saat itu usulan lambang negara ini dicetuskan oleh Sultan Hamid II yang memiliki bentuk burung garuda dengan memegang perisai yang mempunyai perlambang lima Pancasila. Wujud yang diusulkan oleh Sultan Hamid ini menyerupai burung Garuda dalam agama Hindu. Setelah melewati perundingan yang cukup Panjang, akhirnya usulan dari Sultan Hamid II ini dipilih oleh pemerintah untuk menjadi lambang negara dengan beberapa tambahan atau perbaikan. Ditambah semboyan “Bhinneka Tunggal Ika” yang berada pada lambang Garuda dan mulai melakukan penyesuaian bentuk garuda bahkan hingga seperti saat ini yang sering anda lihat seperti Garuda 3D kuningan.

Seperti yang dimiliki oleh kisah garuda yang telah berhasil menyelamatkan ibunya dari cengkeraman perbudakan menjadi salah satu alasan mengapa garuda dapat dijadikan sebagai lambang negara Indonesia. Konon, selama Indonesia dijajah, mereka berpikir bahwa negara Indonesia sendiri memiliki kesamaan nasib dengan burung Garuda untuk membantu membebaskan rakyatnya dari penjajahan dan penindasan. Selain itu, Sultan Hamid II sendiri juga menjadikan Garuda sebagai salah satu inspirasi yang memiliki kebesaran dan kegagahan yang dimiliki pada kisah mitologi tersebut. Untuk itu, Sultan Hamid juga berharap bahwa Indonesia juga dapat terbentuk menjadi negara kuar dan besar sebagaimana burung garuda tersebut. Anda dapat mengabadikan lambang negara ini menjadi Garuda 3D kuningan

garuda kuningan
garuda kuningan

Itu tadi sedikit sejarah dari lambang garuda pancasila yang sekarang sudah lebih bagus dibuat dengan 3d bahan logam kuningan dan tembaga. Lanjut pada pembahasan berikutnya admin akan membahas sedikit teknis pembuatan dan finishing kerajinan tembaga kuningan garuda 3d ini. Tahap pertama yaitu pemahatan, pemahatan sendiri dilakukan secara manual dengan tangan. Setelah pemahan selesai dilanjutkan dengan proses penyetelan bagian-bagian pada garuda mulai dari kepala, sayap, kaki, pita kaki hingga bagian paling ujung yaitu ekor garuda. setelah proses penyetelan selesai lanjut pada proses finishing. Proses finishing ini dilakukan dengan membersihkan dlu kotoran sisa penyetelan yang kemudian dilanjut dengan proses pemolesan. Pemolesan garuda dilakukan dengan hati-hati karena bentuk garuda 3d sendiri tidak rata makanya perlu dilakukan proses dengan hati-hati. Setelah selesai dilanjutkan dengan penyemprotan coating clear pada garuda yang bertujuan memberikan lapisan kepada bahan kuningan agar lebih tahan lama dan tahan goresan. Finishing garuda kuningan sendiri ada 2 macam yaitu dengan diberikan cat pada dada pancasilanya dan ada juga yang polos. Itu aja yang bisa admin bagikan mengenai kerajinan kuningan garuda 3d ini. Jika Juragan berminat, juragan bisa pesan Garuda Kuningan ini pada website kami dengan cara klik logo whatsapp di website atau dengan menghubungi kontak pada laman kontak website ini. Terimakasih.