Kerpus Tembaga Atau Wuwung Tembaga

Hai Juragan, balik lagi bersama kami kerajinan tembaga dan kuningan fig art, kali ini admin akan membahas salah satu kerajinan yang unik dan mewah. Kerpus Tembaga atau biasa orang jawa menyebut wuwung tembaga merupakan salah satu jenis kerajinan logam yang populer sebagai hiasan rumah atau joglo. Kerajinan kerpus tembaga kini mulai banyak dicari. Hal ini disebabkan karena kerpus tembaga memiliki ketahanan terhadap berbagai cuaca. Terutama cuaca hujan, atap rumah tidak mudah bocor. Sebagian besar masalah dan keluhan yang dialami oleh masyarakat kebocoran rumah disebabkan oleh kerpus sudah aus dan perlu diganti.

Kerpus Tembaga
Kerpus Tembaga

Kerpus tembaga memiliki daya tahan lebih tinggi terhadap hujan. Jika umumnya keluhan disebabkan oleh genteng retak dan adukan semen juga retak karena usia, maka ketika menggunakan kerpus buatan tembaga tidak demikian. Karena dari segi bahan berbeda, jika wuwung dari tanah liat kapan saja bisa retak dan pecah, sedangkan wuwung tembaga tidak akan mengalami keretakan atau pecah.
Adapun beberapa cara pemasangan kerpus tembaga agar atap rumah tidak mudah bocor. Langkah pertamakali cukup dengan memasang ram kawat. Pemasangan diletakan di atas balok nok, fungsi pemasangan ini nantikan sebagai talang, dimana talang inilah yang berperan sebagai penahan adonan semen.
Langkah selanjutnya adalah membuat adukan semen dan siap dipasangkan di ram kawat tadi. Catatan penting, ketika memasang kerpus tembaga di atas, Anda perlu mencampurkan semen dan pasir dengan perbandingan yang tepat, yaitu 1 untuk semen dan 4 untuk pasir. Aduk sampai adonan seperti nok. Selama proses pemasangan atau pengadukan, tidak boleh terlalu tebal. Jika dibuat terlalu tinggi justru memudahkan terjadinya keretakan. Tinggi yang disarankan cukup 2 sampai 3 cm saja. Setelah itu biarkan selama tiga hari agar kering sebelum dipasang kerpus tembaga.

Kerpus Wuwung Tembaga
Kerpus Wuwung Tembaga

Itulah ulasan terkait kerpus tembaga. Bagaimana jika wuwung lama mengalami keretakan? Jawabannya sederhana, Anda dapat membenahi dengan mencoak karpusan yang rusak, setelah itu ditambal menggunakan semen intan pada bagian yang lubang, dan tinggal dirapikan saja sambil mengaci. Dengan demikian, Anda tidak lagi perlu khawatir, karena rumah Anda sudah tidak lagi bocor. Biasanya jika kerpus tembaga, hanya bagian semen yang retak, bagian kerpus tembaga masih tetap aman. Sebaliknya, jika wuwung dari tanah liat, biasannya juga ikut rusak ketika terjadi keretakan pada semen.

Untuk Melakukan Pemesanan Kerpus atau wuwung tembaga atau kerajinan lainnya seperti garuda kuningan contohnya bisa menghubungi kontak kami pada website atau dengan mengklik tombol whatsapp yang sudah kami sediakan pada website ini. Terimakasih 🙂

wuwung kerpus Tembaga
wuwung kerpus Tembaga
Canting Tembaga Kerpus
Canting Tembaga Kerpus
Mustaka Tembaga Kerpus
Mustaka Tembaga Kerpus
Mustaka Tembaga Wuwung Kerpus
Mustaka Tembaga Wuwung Kerpus
Pemasangan Kerpus Tembaga
Pemasangan Kerpus Tembaga
Pemasangan Wuwung Kerpus Tembaga
Pemasangan Wuwung Kerpus Tembaga
Pemasangan Canting Wuwung Kerpus Tembaga
Pemasangan Canting Wuwung Kerpus Tembaga